BAWASLU SILATURAHMI DENGAN PEJABAT FORKOMINDA, INI YANG DIBICARAKAN



Demak- Bawaslu Kabupaten Demak Rabu (8/1) secara maraton melakukan silaturahmi kepada jajaran forkominda yang ada di wilayah Kabupaten Demak. Masing-masing adalah Kapolres Demak AKBP R Fidelis Purna Timuranto, Kepala Kejaksaan Negeri Demak M. Irwan Datuiding SH serta Dandim 0716 Demak Letkol Arh. Muhamad Ufiz SIP.
Dalam pertemuan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Demak Khoirul Saleh menyampaikan seiring telah dimulainya tahapan pemilihan Bupati Tahun 2020, maka Bawaslu perlu berkoordinasi terkait pilkada yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020.
Khoirul berharap, dalam kegiatan pemilihan nanti terjadi sinergitas yang baik antara Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan agar jika terjadi perkara pidana pemilihan, masing-masing lembaga mampu menangani perkara tersebut secara baik dalam sentra gakkumdu. “mungkin nanti di akhir Januari kami akan mengundang kepolisian dan kejaksaan untuk persiapan pembentukan sentra gakkumdu dalam pemilihan Bupati tahun 2020”. Ujarnya kepada kapolres.
Sementara itu, Kapolres Demak AKBP Fidel menyambut baik upaya Bawaslu dalam menghadapi pemilihan Bupati yang akan datang, pihaknya juga berharap ada koordinasi yang baik dan komunikasi yang intens agar pengalaman-pengalaman yang buruk ketika menghadapi pemilu 2019 bisa diantisipasi. “kita belajar dan kita evaluasi dari pemilu 2019, agar kejadian serupa tidak terulang kembali untuk pemilihan bupati mendatang”, ujarnya ketika menemui Bawaslu.

Kajari Demak M. Irwan ketika ditemui juga  menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Bawaslu, pihaknya berharap ada pertemuan nonformal yang intens sehingga mampu menjalin komunikasi lebih erat lagi, “kami berharap kita bisa rutin melakukan pertemuan, nonformal sajalah, sehingga ketika ada potensi masalah bisa segera kita selesaikan. Jangan kita ketemu kalau sudah ada masalah”, ucapnya.

Sementara Dandim 0716 Demak M. Ufiz ketika ditemui oleh Bawaslu juga berharap ada pertukaran informasi, sehingga potensi konflik dama menghadapi pemilihan Bupati nanti bisa diminimalisir, “kami terbuka, silahkan nanti Bawaslu koordinasi dengan pasi intel untuk bisa mengetahui perkembangan soal pemilihan ini, jangan sampai Bawaslu sebagai lembaga pengawas justru ketinggala informasi sehingga tidak mampu melakukan pemetaan masalah dan menemukan solusinya. Kami terbuka dan siap membantu Bawaslu”, tegasnya kepada Bawaslu Kabupaten Demak. (UN)


0 Response to "BAWASLU SILATURAHMI DENGAN PEJABAT FORKOMINDA, INI YANG DIBICARAKAN"

Posting Komentar