Bawaslu Demak Cermati Anggaran Pilkada 2020


Demak- Pasca pemilihan umum 2019, Bawaslu Demak kembali disibukkan dengan persiapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan secara serentak pada September 2020. Salah satu yang perlu disipakan adalah anggaran untuk melakukan pengawasan tahapan yang akan dimulai sekitar bulan Oktober 2019.
Dalam mempersiapkan anggaran tersebut, Bawaslu Kabupaten Demak melakukan pencermatan anggaran yang akan diajukan kepada Pemerintah Kabupaten Demak dalam waktu dekat.

Menurut ketua Khoirul Saleh, pengajuan anggaran kepada pemkab perlu segera dilakukan untuk menunjang kegiatan pengawasan terhadap tahapan pilkada yang akan dimulai bulan Oktober 2019.
“kami bersama anggota dan sekretariatan saat ini sedang melakukan pencermatan anggaran untuk kami serahkan kepada Bupati terkait pemilihan bupati yang akan dilaksanakan pada September 2020, kami berharap anggaran yang nanti kami ajukan disetujui oleh pemkab sehingga Bawaslu bisa melakukan pengawasan secara maksimal”. Ujarnya saat ditemui di kantornya
Jika dibandingkan dengan anggaran pemilihan tahun 2015 memang terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Anggota Bawaslu Ulin Nuha punya pendapat menarik. “Memang jika dibandingkan dengan anggaran pilkada tahun 2015 terjadi peningkatan yang cukup signifikan, tetapi harus diingat saat itu, lembaga ini masih Ad-Hoc jadi tidak pernah terlibat dalam proses penganggaran. Saat itu kami yang baru dilantik menjadi Panwas langsung diberikan anggaran pengawasan pilkada yang kami tidak pernah ikuti prosesnya. Sekarang kondisinya berbeda, saat ini Bawaslu merupakan lembaga permanen sehingga bisa mengawal proses anggaran yang saat ini sedang berproses di TPAD.”imbuhnya.
Kondisi perpolitikan di Kabupaten Demak menjelang pemilihan Bupati mulai menghangat, kemarin beberapa partai politik telah mendeklarasikan pasangan yang akan bertarung memperebutkan kursi bupati. Bupati dan wakil bupati incumbent dipastikan pecah kongsi setelah wakil bupati melakukan deklarasi bersama pasangan barunya. Masih ada beberapa partai politik yang saat ini juga sedang menggodok beberapa nama yang pada waktunya nanti akan dideklarasikan. (UN)



0 Response to "Bawaslu Demak Cermati Anggaran Pilkada 2020"

Posting Komentar